Inilah 5 Cara Bangun Rumah Idaman dengan Anggaran yang Minimalis!

 


Ingin bangun rumah idaman saat ini tetapi dana yang dimiliki terbatas? Jangan khawatir, karena terdapat cara jitu untuk menghemat anggaran selama proses pembangunan rumah idaman tersebut. Apa saja sih yang dapat dilaksanakan untuk membangun rumah dengan biaya yang minimalis? Simak uraian lebih jelasnya berikut ini:

1. Pilih Lahan yang Kecil

Pemilihan lahan yang kecil saat bangun rumah ini tentu akan sangat membantu bagi calon pemilik rumah yang memiliki anggaran terbatas. Mengapa bisa seperti itu? Karena dengan pemilihan lahan yang kecil ini, ukuran bangunan rumah juga akan kecil. Sehingga, tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membangun dan mengisi rumah tersebut.

Meskipun ukurannya kecil, kenyaman yang ditawarkan akan terus menjadi prioritas utama. Misalnya, penempatan dan banyaknya ventilasi udara, tanaman sebagai penyejuk mata, dan penataan furniture rumah. Dengan penataan aspek-aspek tersebut yang baik, meskipun ukuran rumah kecil tidak akan mengurangi kenyamanan penghuninya.

2. Cek Harga Material Bangunan

Penggunaan bahan material dengan harga murah tentu sangat menolong orang yang ingin membangun rumah dengan dana yang sedikit. Perlu diketahui bahwa harga yang murah bukan berarti kurang berkualitas. Hal ini perlu disiasati untuk memperoleh barang yang berkualitas namun murah. Cara yang paling sederhana yakni dengan membeli dalam jumlah besar.

Sebelum membeli bahan-bahan bangunan, ada baiknya untuk mengecek harga material bahan bangunan tersebut ke beberapa toko bangunan. Dengan begitu, pemilik dapat membandingkan dimana harga material yang paling murah. Meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh, namun jika barang tersebut dibeli dalam jumlah besar tentu perbedaan harga tersebut akan menjadi besar pula.

3. Mengusung Konsep Rumah yang Minimalis

Konsep rumah minimalis ini memiliki design rumah yang sangatlah simpel namun sangat multifungsional. Sehingga, pemilik rumah dapat menekan pengeluaran untuk membangun dan mengisi perabotan rumah tangga di dalamnya. Konsep minimalis ini sudah banyak diterapkan di era modern ini. Selain memiliki design yang kekinian, konsep ini juga dapat menghemat pengeluaran pembangunan.

Penerapan design rumah minimalis ini biasanya terlihat pada ruang untuk tamu dan ruang untuk makan yang terdapat pada satu lokasi. Biasanya yang digunakan sebagai penyekat ini yakni hiasan dinding dari kayu ataupun penataan kursi ruang tamu yang tepat dan baik. Selain itu, peletakan kamar tidur anak yang seharusnya dijadikan dua kamar, namun ditata sedemikian rupa menjadi satu kamar saja. Dengan begitu, pengeluaran dapat lebih ditekan lagi.

4. Pilihlah Jasa Tukang Bangunan yang Tepat

Untuk membangun sebuah rumah tentu memiliki tukang yang ahli di dalamnya. Sang pemilik rumah sudah pasti harus memilih tukang bangunan yang profesional namun dengan imbalan yang kecil. Jangan gunakan jasa kontraktor untuk membangun rumah jika memiliki anggaran yang kecil. Pakai saja tukang bangunan dengan sistem gajian “Borongan”.

Sistem gajian borongan ini tentu akan membantu para pemilik rumah untuk menekan jasa pembangunan rumah tersebut. Memang tidak banyak dari jasa tukang bangunan yang mau digaji sistem borongan. Karena biasanya mereka digaji dengan sistem harian. Namun, bagi pemilik rumah dengan dana yang minimalis, sistem borongan ini sangat membantu mengurangi angka pengeluaran saat pembangunan rumah tersebut.

5. Gunakan Rangka Atap Dari Baja yang Ringan

Pemilihan baja ringan untuk rangka atap ini akan sangat menolong pengeluaran pemilik rumah. Mengapa bisa seperti itu? Karena harga baja ringan tersebut lebih murah daripada kayu dan genting dari tanah liat. Selain itu, pengerjaannya juga relatif cepat. Sehingga, dapat mempercepat waktu pembangunan rumah ini.

Biasanya untuk biaya penggunaan atap dari baja ringan ini sudah sekaligus jasa pasangnya. Sehingga, pemilik rumah lebih dapat menghemat lagi. Selain itu, umur penggunaan baja tersebut juga relatif lama. Sehingga, tidak memerlukan biaya renovasi dalam waktu yang dekat.

Itulah beberapa cara bangun rumah idaman dengan dana yang minimalis. Tetap ingat bahwa meski rumah sederhana, yang terpenting masih ada tempat untuk berteduh dari hujan dan panas. Selalu bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Tuhan YME.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.